Senin, 12 Februari 2024

PANDUAN PENYUSUNAN SOAL ASESMEN MADRASAH (AM)


 Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Asesmen Madrasah yang selanjutnya disebut AM adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. Fungsi dari asesmen madrasah salah satunya adalah untuk penentuan kelulusan peserta didik dari madrasah. Oleh karena itu kualitas instrumen atau soal asesmen menjadi sangat penting. 

PANDUAN ASESMEN TES 

A. Tahapan Penulisan Soal Asesmen Madrasah (AM) 

  1. Menentukan materi esensi 
  2. Menganalisis Kompetensi Dasar (KD) 
  3. Menyusun kisi-kisi soal AM 
  4. Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual 
  5. Menulis butir soal sesuai dengan stimulus. 
  6. Membuat kunci jawaban dan pedoman penskoran 

B. Kaidah Umum Penulisan Soal Pilihan Ganda 

1. Materi 

a. Soal harus sesuai dengan indikator. 

b. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.


c. Soal tidak mengandung unsur SARA (suku, agama, ras, antar golongan), politik praktis, pornografi, propaganda, dan kekerasan. 

d. Soal tidak bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika 

2. Bahasa 

a. Soal disusun menggunakan bahasa Indonesia yang efektif dan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia baku. 

b. Tidak menggunakan bahasa lokal kedaerahan atau bahasa setempat kecuali mata pelajaran Bahasa Daerah. 

c. Tidak menggunakan bahasa yang bertentangan dengan nilai agama dan norma yang berlaku di masyarakat. 

3. Kontruksi 

a. Pokok soal harus dirumuskan secara singkat, jelas, dan tegas. 

b. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja. 


c. Pokok soal tidak memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar. 



d. Pokok soal tidak mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda. 



e. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama. 



f. Pilihan jawaban tidak mengandung pernyataan, “semua  pilihan jawaban di atas salah” atau “semua pilihan jawaban di atas benar.” 


g. Pilihan jawaban yang berbentuk angka disusun  berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut. 

Contoh yang kurang baik Hasil dari 43 adalah ....      

A.  7      

B.  64      

C.  12      

D.  81                              

Sebaiknya ditulis Hasil dari 43 adalah ....      

A.  7      

B.  12      

C.  64      

D.  81                                       

Proklamasi kemerdekaan RI diperingati setiap 17 Agustus. 

Kata proklamasi terdiri ... suku kata.       

A.  10      

 B.   4      

 C.   5       

D.   8               

Sebaiknya ditulis                                    

Proklamasi kemerdekaan RI diperingati setiap 17 Agustus. 

Kata proklamasi terdiri ... suku kata.       

A.  10       

B.   8       

C.   5      

 D.   4                                                  

h. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi. 


i. Butir soal tidak tergantung pada jawaban soal sebelumnya. 

j. Satu stimulus dapat digunakan untuk beberapa soal. 

k. Jumlah opsi/pilihan jawaban untuk jenjang MI dan MTs  empat opsi/pilihan jawaban, sedangkan jenjang MA lima opsi/pilihan jawaban. 

l. Bila soal berbentuk pilihan ganda kompleks, jenjang MI dan MTs memilih dua jawaban benar dari empat pilihan yang disediakan, sedangkan jenjang MA memilih tiga jawaban benar dari lima pilihan yang disediakan. 

m. Menggunakan kalimat pertanyaan langsung atau kalimat perintah. 

n. Pertanyaan atau perintah harus jelas, agar mendapat jawaban yang singkat. 

o. Panjang kata atau kalimat yang harus dijawab oleh peserta didik pada semua soal diusahakan relatif sama. 

p. Hindari penggunaan kata, kalimat, atau frasa yang diambil langsung dari buku teks, sebab akan mendorong peserta didik untuk sekedar mengingat atau menghafal apa yang tertulis di buku. 

q. Soal harus mengukur kompetensi dan ruang lingkup materi. 

r. Jawaban yang ditanyakan harus memiliki kedalaman materi. 

s. Rumusan soal harus tegas, jelas, dan tergambar. 

t. Penilaian harus memiliki rubrik penskoran yang jelas.


Terimakasih atas kunjungannya, mohon do'a agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang. Memberi manfaat dunia dan akhirat. 


Jika informasi ini bermanfaat, Jangan lupa Share ya, Terima Kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Juknis PPDB Madrasah Tahun Pelajaran 2025/2026 Resmi Dimulai, Inilah Juknisnya

Assalamualakum warrohmatullahi wabarokaatuh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI secara resmi menerbitkan  Petunjuk Tek...