Untuk melaksanakan pembelajaran di kelas, guru harus menyusun Modul Ajar, yang pada kurikulum 2013 dan sebelumnya disebur RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Modul ajar merupakan perangkat ajar yang akan digunakan oleh seorang guru untuk melaksanakan pembelajaran guna mencapai profil pelajar Pancasila.
Modul Ajar merupakan penjabaran dari ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) yanh dulu disebut Silabus.
Sebelum menyusun modul ajar, terlebih dahulu harus menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) seperti Silabus pada kurikulum 2013 atau sebelumnya.
Istilah-islitah pada Kurikulum Merdeka
- Prota (Program Tahunan) tetap tidak berubah.
- Promes diganti Prosem ( Program Semester )
- Silabus diganti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)
- KI (Kompetensi Inti) diganti CP ( Capaian Pembelajaran)
- RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) diganti Modul Ajar
- KD (Kompetensi Dasar) diganti TP (Tujuan Pembelajaran)
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) diganti KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
- IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) diganti IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
- PH (Penilaian Harian) diganti Sumatif
- PTS diganti STS (Sumatif Tengah Semester)
- PAS (Penilaian Akhir Semester) diganti SAS (Sumatif Akhir Semester)
- Indikator soal diganti dengan Indikator Asesmen
MODUL AJAR
Modul Ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka yang harus disusun oleh guru. Modul Ajar disusun dan dikembangkan dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, dan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran,serta berbasis perkembangan jangka panjang. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.
Adapun komponen Modul Ajar terbagi menjadi tiga bagian, yaitu memuat Informasi umum; (2) Komponen Inti; dan (3) Lampiran.
A. Informasi Umum
Adapun Informasi umum meliputi:
- Identitas Sekolah
- Kompetensi Awal
- Profil Pelajar Pancasila
- Sarana dan Prasarana
- Target Peserta Didik
- Model Pembelajajaran yang digunakan
B. Komponen Inti
1. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman. Tujuan pembelajaran menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan. Tujuan pembelajaran bisa dari berbagai bentuk: pengetahuan yang berupa fakta dan informasi, dan juga prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, dan kolaboratif dan strategi komunikasi.
2. Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertanyaan pemantik dibuat oleh guru untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. Pertanyaan pemantik memandu siswa untuk memperoleh pemahaman bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Contohnya pada pembelajaran menulis cerpen, guru dapat mendorong pertanyaan pemantik sebagai berikut.
a. Apa yang membuat sebuah cerpen menarik untuk dibaca?
b. Jika kamu diminta untuk membuat akhir cerita yang berbeda, apa yang akan kamu usulkan?
4. Kegiatan Pembelajaran
Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa. Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, meliputi tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.
5. Asesmen
Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Jenis asesmen:
- a. Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik)
- b. Asesmen selama proses pembelajaran (formatif)
- c. Asesmen pada akhir proses pembelajaran (sumatif).
Bentuk asesmen yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.
- Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
- Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, dan jurnal)
- Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).
6. Pengayaan dan Remidial
Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal.
Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang.
Saat merancang kegiatan pengayaan, perlu diperhatikan mengenai diferensiasi contohnya lembar belajar/kegiatan yang berbeda dengan kelas.
C. Lampiran
1. Lembar Kerja Peserta Didik
Lembar kerja siswa ini ditujukan untuk peserta didik (bukan guru) dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk diberikan kepada peserta didik termasuk peserta didik nonreguler.
2. Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Bahan bacaan guru dan peserta didik digunakan sebagai pemantik sebelum kegiatan dimulai atau untuk memperdalam pemahaman materi pada saat atau akhir kegiatan pembelajaran.
3. Glosarium
Glosarium merupakan kumpulan istilah-istilah dalam suatu bidang secara alfabetikal yang dilengkapi dengan definisi dan artinya. Glosarium diperlukan untuk kata atau istilah yang memerlukan penjelasan lebih mendalam.
4. Daftar Pustaka
Berikut beberapa link download Perangkat IKM SD/MI
π‘PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM MERDEKA (IKM)
- Program Tahunan IKM SD/MI kelas 1π(unduh disini)
- Program Tahunan IKM SD/MI kelas 2π(unduh disini)
- Program Tahunan IKM SD/MI kelas 4π(unduh disini)
- Program Tahunan IKM SD/MI kelas 5π(unduh disini)
π‘PROGRAM SEMESTER IKM
- Program Semester IKM SD/MI kelas 1π(unduh disini)
- Program Semester IKM SD/MI kelas 2π(unduh disini)
- Program Semester IKM SD/MI kelas 4π(unduh disini)
- Program Semester IKM SD/MI kelas 5π(unduh disini)
- ATP Kls 1 : π(unduh disini)
- ATP Kls 2 : π(unduh disini)
- ATP Kls 4 : π(unduh disini)
- ATP Kls 5 : π(unduh disini)
- MA Kls 1 : π(unduh disini)
- MA Kls 2 : π(unduh disini)
- MA Kls 4 : π(unduh disini)
- MA Kls 5 : π(unduh disini)
- CP Kls 1 + 2 : π(unduh disini)
- CP Kls 3 + 4 : π(unduh disini)
- CP Kls 5 + 6 : π(unduh disini)
- P5 Kls 1 + 2 : π(unduh disini)
- P5 Kls 3 + 4 : π(unduh disini)
- P5 Kls 5 + 6 : π(unduh disini)
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang. Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.
Ω Ψ΅ΩΩ Ψ§ΩΩΩ ΨΉΩΩ Ψ³ΩΨ―ΩΨ§ Ω ΨΩ Ψ― Ω ΨΉΩΩ Ψ£ΩΩ Ω Ψ΅ΨΨ¨Ω Ψ£Ψ¬Ω ΨΉΩΩ Ψ«Ω Ψ§ΩΨ³ΩΨ§Ω ΨΉΩΩΩΩ Ω Ψ±ΨΩ Ψ© Ψ§ΩΩΩ Ω Ψ¨Ψ±ΩΨ§ΨͺΩ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar