Jumat, 23 Februari 2024

Perangkat Pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI

 

Salam Sahabat Madrasah. 

Kurikulum Merdeka ini merupakan kurikulum dengan berbagai macam model pembelajaran intrakurikuler dimana kontennya lebih optimal, sehingga konsep dan kompetensinya akan dapat dicapai oleh peserta didik dengan memiliki cukup waktu

Untuk melaksanakan pembelajaran di kelas, guru harus menyusun Modul Ajar, yang pada kurikulum 2013 dan sebelumnya disebur RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Modul ajar merupakan perangkat ajar yang akan digunakan oleh seorang guru untuk melaksanakan pembelajaran guna mencapai profil pelajar Pancasila.

Modul Ajar merupakan penjabaran dari ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) yanh dulu disebut Silabus.

Sebelum menyusun modul ajar, terlebih dahulu harus menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) seperti Silabus pada kurikulum 2013 atau sebelumnya.

Istilah-islitah pada Kurikulum Merdeka

  1. Prota (Program Tahunan) tetap tidak berubah.
  2. Promes diganti Prosem ( Program Semester )
  3. Silabus diganti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)
  4. KI (Kompetensi Inti) diganti CP ( Capaian Pembelajaran)
  5. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) diganti Modul Ajar
  6. KD (Kompetensi Dasar) diganti TP (Tujuan Pembelajaran)
  7. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) diganti KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
  8. IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) diganti IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
  9. PH (Penilaian Harian) diganti Sumatif
  10. PTS diganti STS (Sumatif Tengah Semester)
  11. PAS (Penilaian Akhir Semester) diganti SAS (Sumatif Akhir Semester)
  12. Indikator soal diganti dengan Indikator Asesmen

MODUL AJAR

Modul Ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka yang harus disusun oleh guru. Modul Ajar disusun dan dikembangkan dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, dan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran,serta berbasis perkembangan jangka panjang. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

Adapun komponen Modul Ajar terbagi menjadi tiga bagian, yaitu memuat Informasi umum; (2) Komponen Inti; dan (3) Lampiran.

A. Informasi Umum

Adapun Informasi umum meliputi:

  1. Identitas Sekolah
  2. Kompetensi Awal
  3. Profil Pelajar Pancasila
  4. Sarana dan Prasarana
  5. Target Peserta Didik
  6. Model Pembelajajaran yang digunakan

B. Komponen Inti

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman. Tujuan pembelajaran menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan. Tujuan pembelajaran bisa dari berbagai bentuk: pengetahuan yang berupa fakta dan informasi, dan juga prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, dan kolaboratif dan strategi komunikasi.

2. Pemahaman Bermakna

Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan pemantik dibuat oleh guru untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. Pertanyaan pemantik memandu siswa untuk memperoleh pemahaman bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Contohnya pada pembelajaran menulis cerpen, guru dapat mendorong pertanyaan pemantik sebagai berikut.

a. Apa yang membuat sebuah cerpen menarik untuk dibaca?

b. Jika kamu diminta untuk membuat akhir cerita yang berbeda, apa yang akan kamu usulkan?

4. Kegiatan Pembelajaran

Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa. Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, meliputi tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.

5. Asesmen

 Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Jenis asesmen:

  • a. Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik)
  • b. Asesmen selama proses pembelajaran (formatif)
  • c. Asesmen pada akhir proses pembelajaran (sumatif).

Bentuk asesmen yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
  • Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, dan jurnal)
  • Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).

6. Pengayaan dan Remidial

Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal.

Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang.

Saat merancang kegiatan pengayaan, perlu diperhatikan mengenai diferensiasi contohnya lembar belajar/kegiatan yang berbeda dengan kelas.

C. Lampiran

1. Lembar Kerja Peserta Didik

Lembar kerja siswa ini ditujukan untuk peserta didik (bukan guru) dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk diberikan kepada peserta didik termasuk peserta didik nonreguler.

2. Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

Bahan bacaan guru dan peserta didik digunakan sebagai pemantik sebelum kegiatan dimulai atau untuk memperdalam pemahaman materi pada saat atau akhir kegiatan pembelajaran.

3. Glosarium

Glosarium merupakan kumpulan istilah-istilah dalam suatu bidang secara alfabetikal yang dilengkapi dengan definisi dan artinya. Glosarium diperlukan untuk kata atau istilah yang memerlukan penjelasan lebih mendalam.

4. Daftar Pustaka

Berikut beberapa link download Perangkat IKM SD/MI

πŸ’‘PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM MERDEKA (IKM)

πŸ’‘PROGRAM SEMESTER IKM

πŸ’‘ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA (ATP)/SILABUS
πŸ’‘ MODUL AJAR/RPP+
πŸ’‘ Capaian Pembelajaran (CP)
πŸ’‘ Modul Proyek P5
πŸ’‘ Buku Guru dan Siswa IKM 
πŸͺƒ BG Kelas 1πŸ‘‰(unduh disini)
πŸͺƒ BS  Kelas 1πŸ‘‰(unduh disini)
πŸͺƒ BG Kelas 2πŸ‘‰(unduh disini)
πŸͺƒ BS  Kelas 2πŸ‘‰(unduh disini)
πŸͺƒ BG Kelas 4πŸ‘‰(unduh disini)
πŸͺƒ BS  Kelas 4πŸ‘‰(unduh disini)
πŸͺƒ BG Kelas 5πŸ‘‰(unduh disini)
πŸͺƒ BS  Kelas 5πŸ‘‰(unduh disini)

πŸ’‘ Aplikasi Penilaian IKM 

πŸ’‘PERANGKAT PEMBELAJARAN IKM KELAS 4 SUDAH JADI TAPEL 2022-2023 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang. Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

و Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„Ω‰ Ψ³ΩŠΨ―Ω†Ψ§ Ω…Ψ­Ω…Ψ― و ΨΉΩ„Ω‰ Ψ£Ω„Ω‡ و Ψ΅Ψ­Ψ¨Ω‡ Ψ£Ψ¬Ω…ΨΉΩŠΩ† Ψ«Ω… Ψ§Ω„Ψ³Ω„Ψ§Ω… ΨΉΩ„ΩŠΩƒΩ… و Ψ±Ψ­Ω…Ψ© Ψ§Ω„Ω„Ω‡ و Ψ¨Ψ±ΩƒΨ§ΨͺΩ‡ 






















sumber :
https://www.websiteedukasi.com/perangkat-kelas-4.html
https://khusnul-huda.blogspot.com/2022/07/download-modul-ajar-kurikulum-merdeka.html
https://dicariguru.com/jadwal-pelajaran-kurikulum-merdeka-sd-kelas-1/
https://www.datadikdasmen.com/2022/08/ma-matematika-ikm-k4.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Juknis PPDB Madrasah Tahun Pelajaran 2025/2026 Resmi Dimulai, Inilah Juknisnya

Assalamualakum warrohmatullahi wabarokaatuh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI secara resmi menerbitkan  Petunjuk Tek...